'WELCOME TO MY LIFE'

Herzlich Willkommen

"Life isn't about being old or having more problem. It's about growing to see this life from a better view coz GOD bless you more"

So...Enjoy your LIFE...


I choose to have faith, because without that I have nothing. It's the only thing that's keeping me going.

ΩMega Ticket

Search Me Here!

ΩMega Ticket

Wednesday, February 17, 2010

8 Inteligensia

Prof. Howard Gardner dari Harvard University menyebutkan bahwa inteligensia manusia itu meliputi 8 Inteligensia yaitu :
  1. Inteligensia linguistik. Dipertajam dengan banyak membaca, melakukan permainan kata misalnya plesetan, berpuisi, berlatih diskusi, dan mengungkapkan sesuatu.
  2. Inteligensia logis matematis. Dimaksimalkan dengan membuat rencana rinci anggaran belanja dan pendapatan pribadi, keluarga, atau perusahaan, menghitung setiap ada kesempatan atau apa pun latihan daya ingat yang terkait dengan bilangan.
  3. Inteligensia visual spasial. Diasah dengan latihan mencorat–coret, menggambar, membaca peta, bermain jigsaw, membongkar benda dan memasang kembali, melakukan apresiasi seni, membuat diagram saat menjelaskan gagasan, membuat denah daerah atau rumah.
  4. Inteligensia kinestetik. Ditempa dengan melakukan olah fisik secara teratur, membuat prakarya, berlatih menari atau berdansa, berlatih mengekspresikan diri dengan gerakan tangan atau bahasa tubuh lain.
  5. Inteligensia musik. Dikembangkan dengan berlatih memainkan alat musik, menyanyi dengan suara tidak sumbang, mengingat irama lagu, bersiul atau menggumamkan irama lagu, mengingat bunyi tertentu.
  6. Inteligensia naturalis. Dilatih dengan mencintai binatang, mengenal berbagai nama jenis pohon, bunga, tanaman, mempelajari cara kerja tubuh, kehidupan margasatwa, meminati isu-isu sosial, psikologi, biologi, ekologi, dan mempelajarinya.
  7. Inteligensia interpersonal. Dikembangkan dengan bergaul, meminati olahraga tim seperti sepakbola, basket, bridge, membina persahabatan, berlatih berorganisasi, belajar bekerja sama dengan orang lain.
  8. Inteligensia intrapersonal. Dilatih dengan mencari waktu untuk menyendiri, merefleksikan hidup, mengembangkan minat dan hobi, mencoba memahami diri, menetapkan visi dan misi pribadi, mengikuti berbagai latihan untuk mengembangkan diri.  
Inteligensia ini bisa dan perlu dilatih, sehingga otak bisa bekerja optimal. Semua jenis intelegensi ini  bisa dioptimalkan dengan latihan banyak hal yang berbeda-beda. Pemanfaatan delapan inteligensia ini berarti menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri.
  
Manusia sungguh beruntung diberi inteligensia yang luar biasa, sungguh ajaib dan dasyatnya Sang Pencipta kita, ada 1 trilyun sel otak,  sudahkah aku mengoptimalkannya?!!! :D

Taken from:
1. http://kesehatan.kompas.com/read/2010/02/17/08415110/Inilah.Cara.Mempertajam.8.Inteligensia.Anda
2. http://www.jimmyhasugian.web.id/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=35&Itemid=57

0 Comments: