'WELCOME TO MY LIFE'

Herzlich Willkommen

"Life isn't about being old or having more problem. It's about growing to see this life from a better view coz GOD bless you more"

So...Enjoy your LIFE...


I choose to have faith, because without that I have nothing. It's the only thing that's keeping me going.

ΩMega Ticket

Search Me Here!

ΩMega Ticket

Friday, December 17, 2010

Untung Ada Sepak Bola

I've goosebumps and teary eyes when I read this article "Untung Ada Sepak Bola" from Kompas. It's so true, thank you Football because giving oasis for this country while facing various kinds of crisis especially our politic system, our government, tax mafia, disasters, etc. Hope our team can do their best to serve this country. Go Timnas Go, for our beloved country, INDONESIA! 
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Puluhan ribu suporter Tim Nasional Indonesia saat beranjak pulang seusai menonton pertandingan putaran pertama semifinal Piala AFF 2010 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (16/12/2010). Indonesia berhasil mengalahkan Filipina berkat gol semata wayang Christian Gonzales pada menit ke-32 babak pertama.

"Sepak bola bermanfaat bagi terapi membangkitkan kembali semangat nasionalisme"


Syukurlah ada sepak bola. Sepak bolalah yang menjadi penyelamat sekaligus penyemangat, penghiburan sekaligus pengharapan. Sepak bola memberikan hiburan kepada kita yang akhir-akhir ini dibelit berbagai persoalan. Persoalan politik yang penuh intrik dan ruwet, bencana yang silih berganti, korupsi yang tiada habis-habisnya, harga-harga kebutuhan pokok yang tak terkendali terus naik, akrobat dan drama politik yang memperbodoh kita, perang pernyataan yang tidak bijaksana, dan masih banyak lagi yang membuat kita semua terbelenggu dan kelu. Karena itu, hanya harapan yang pantas diungkapkan kali ini: semoga hiburan itu, sepak bola, dapat sejenak mengistirahatkan kita dari segala kepenatan dan beban hidup yang akhir-akhir ini banyak kita derita, dan lelah. Kita, rakyat, memang lelah. Ibarat orang jalan, kita semua sudah jalan begitu jauh, di jalan yang rusak dan naik turun, tanpa sekali pun istirahat untuk minum. Karena itu, butuh sesuatu yang menyegarkan. Butuh sesuatu yang menyegarkan seperti yang diinginkan ribuan penonton sepak bola yang rela berpanas-panas selama berjam-jam untuk mendapatkan tiket menonton pertandingan antara Indonesia dan Filipina. Dalam sejarah, ”Indonesia” pernah tampil di Piala Dunia 1938 (Perancis), atas nama Dutch East Indies (Hindia Belanda). Timnas waktu itu ditaklukkan Hongaria, 0-6. Dengan sistem gugur, mereka angkat koper. Namun, kita tetap boleh bangga, timnas dikalahkan tim yang menjadi runner-up! Kini kita menunggu prestasi PSSI. Melihat begitu antusiasnya masyarakat memberikan dukungan kepada kesebelasan kita, ini membuktikan bahwa sepak bola bermanfaat bagi terapi membangkitkan kembali semangat nasionalisme. Sementara itu, para pemain bersemangat untuk mempersembahkan kemenangan bagi negara. Tentu ini berkaitan dengan identitas negara dan nasionalisme. Kita juga berharap mampu membangun sikap nasionalisme di bidang ekonomi, politik, pertahanan keamanan, serta pendidikan, dan bidang-bidang lain. Kemenangan di babak semifinal ini memberikan optimisme. Tidak lebih tidak kurang, kita ingin menang. Optimistis, tetapi kita juga harus realistis, yakni menggantungkan dan meletakkan cita-cita setinggi langit, tetapi tetap sadar akan keterbatasan, akan kekurangan dalam tubuh PSSI, dalam sistem kompetisi kita. Pendek kata dalam tubuh dunia persepakbolaan kita. Di atas segalanya, sepak bola adalah hiburan dan kegembiraan. Marilah sesaat kita melupakan keruwetan hidup. Akan tetapi, jangan sampai karena sepak bola, kita terlena dari persoalan fundamental yang menjadi beban bangsa dan negara ini: beban rakyat. Meskipun, secara jujur harus kita akui, kita saat ini membutuhkan katakanlah semacam oase yang menyegarkan.

Editor: Heru Margianto

0 Comments: