'WELCOME 2 MY LIFE'

Herzlich Willkommen

"Life isn't about being old or having more problem. It's about growing to see this life from a better view coz GOD bless you more"

So...Enjoy your LIFE...


I choose to have faith, because without that I have nothing. It's the only thing that's keeping me going.

ΩMega Ticket

Search Me Here!

Loading...

ΩMega Ticket

Wednesday, March 18, 2009

“Studi di Belanda, ticket to a global community”

Saya pribadi belum pernah berkunjung ke Eropa apalagi ke Belanda, tetapi Belanda merupakan salah satu negara tujuan utama saya untuk menggapai impian saya mengambil sekolah tingkat lanjut atau S2 di bidang Electrical Engineering. Ada banyak alasan mengapa Belanda menjadi pilihan utama saya atau mungkin orang-orang yang haus akan ilmu memilih Belanda misalnya Belanda merupakan negara non berbahasa Inggris yang pertama kali menawarkan program studi internasional atau berbahasa Inggris, itu artinya sistem pendidikan di Belanda mempermudah para pelajar dalam hal bahasa dan sudah mempersiapkan para alumninya untuk "go international" atau siap bersaing di dunia internasional. Sebagai negara yang multikultural, tentunya Belanda merupakan pintu gerbang bagi berkolaborasinya budaya-budaya di dunia apalagi bersebelahan dengan German dan Belgia serta beberapa negara tetangga lainnya, membuat para penggila traveling akan merasa "sekali mendayung, dua tiga pulau terselami". Selain teknologi dan riset yang berkembang pesat, Belanda yang juga dikenal dengan sebutan Negeri Kincir Angin dan Orange ini tentunya memiliki ikatan emosional dengan Indonesia karena mereka 'pernah ada' di Indonesia selama 3.5 abad. Wow....waktu yang sangat lama untuk dapat 'tinggal' di suatu negara.
Saya jadi ingat sejarah tentang Politik Balas Budi yang di prakarsai oleh Pieter Brooshooft dan C. Th. van Defenter, yang kemudian ditegaskan oleh Ratu Wilhelmina dengan Trias Politika. Adapun isi dari Trias Politika adalah :
  1. Irigasi (pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
  2. Emigrasi yakni mengajak penduduk untuk transmigrasi
  3. Memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan (edukasi)
Terlepas dari pro dan kontra nya terhadap politik ini, Trias Politika no.3 memiliki arti penting bagi Indonesia. Mungkin dengan adanya politik ini, kita bangsa Indonesia memiliki kesempatan yang cukup banyak untuk studi di Belanda bahkan dengan beasiswa, salah satunya adalah yang sudah diprakarsai oleh NESO Indonesia. Jadi kenapa harus ragu studi di Belanda?

I LOVE ORANGE!!!

Referensi:

3 Comments:

bocahbancar said...

Hohohooo, ayo kita ke Belanda Mbak..

Saya ikuttt.....

ngepot said...

copy di kompetiblognya aku gk tau caranya

http://yadikiswoyo.blogspot.com/2009/03/help-me.html

help me...

EMI said...

Thanks udah mau mampir di blog aku :)

@bocahbancar : Hayooooo aja...dengan senang hati :)

@ngepot : udah mendaftar ke kompetiblog nya? udah terverifikasi? kalau udah tinggal login aja ke web nya itu terus 'post' atau copy paste aja tulisan kamu ke web itu
atau open kompetiblog nya terus klik bagian term & conditions nya lihat panduan gambar/skema nya
semoga membantu :)